Rabu, 09 Oktober 2019

Potensi Pemanfaaatan Flavonoid Untuk Makhluk Hidup
 
          Setiap tumbuhan umumnya mengandung satu atau lebih  senyawa  kelompok  flavonoid  dan  memiliki  komposisi kandungan flavonoid yang khas. Flavonoid  terdapat  hampir  di  semua  bagian  tumbuhan, seperti daun, akar, kulit tepung sari, nektar, bunga, buah dan biji. Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam cokelat. Antioksidan itu sendiri bekerja menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit kronis pada makhluk hidup khusunya manusia.

Sebagian  besar  flavonoid  alam  ditemukan  dalam  bentuk  glikosida, dimana  unit  flavonoid  terikat  pada  suatu  gula.  Flavonoid  dapat  ditemukan sebagai  mono-,  di-,  atau  triglikosida,  dimana  satu,  dua,  atau  tiga  gugus hidroksil  dalam  molekul  flavonoid  terikat  oleh  gula.  Poliglikosida  larut  dalam air dan hanya sedikit larut dalam pelarut-pelarut organic seperti eter,benzene, kloroform, dan aseton.

Berbagai tumbuhan dan tanaman yang mengandung senyawa flavonid ini di antaranya buah jeruk yang juga kaya akan Vitamin C. Kemudian ada grup Berry seperti strawberry dan blueberry. Aneka kacang – kacangan juga mengandung banyak Flavanoid. Selain itu ginko biloba, sayur bayam, semua jenis teh juga kayak akan Flavanoid.  Makanan lainnya seperti dark chocolate dan buah anggur ikut mengandung senyawa ini juga.Meski terdapat dalam berbagai tanaman, Flavanoid tidak terdapat pada tanaman ganggang, jamur, juga mahluk hidup bakteri. 

Berikut beberapa potensi pemanfaatan flvonid untuk makhluk hidup :

1.      Rosella. 


Ekstrak rosella dipercaya baik untuk mengobati kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes tipe 2. 

2.      Apel. 

Di dalam apel terkandung flavonoid bernama quercetin yang dapat mencegah serangan jantung, mencegah katarak, mengendalikan asma, dan mempercepat pemulihan kenaikan asam lambung.

3.      Red wine 

Yang kaya akan kandungan flavonoid yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika Anda tidak minum alkohol, manfaat flavonoid yang sama dapat Anda raih dari mengonsumsi anggur ungu segar. Kandungan flavonoid ini terdapat pada kulit anggur.

4.      Sirsak. 


Buah sirsak kaya akan fenol (sejenis flavonoid), potasium, vitamin C, dan E yang dikatakan berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti kanker dan hipertensi. Antioksidan pada sirsak juga dapat membantu menangkal radikal bebas.

5.      Belimbing wuluh 

Yang tinggi Vitamin C, asam oksalat, tannin, asam amino, dan flavonoid yang dipercaya bermanfaat mengobati hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, dan diabetes. Namun hati-hati jangan kebanyakan belimbing wuluh karena buah ini mengandung banyak asam oksalat yang dapat memicu batu ginjal atau memperparah konsisi gagal ginjal akut jika dikonsumsi kebanyakan.

6.      Kacang kedelai. 

Salah satu sumber flavonoid yang tinggi terdapat pada kacang kedelai. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai diduga bermanfaat mencegah kanker payudara, membantu menurunkan kadar gula darah tinggi, mengurangi kolesterol, dan membantu meredakan gejala menopause. Namun manfaat flavonoid yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Manfaat flavonoid akan lebih besar pengaruhnya jika dikonsumsi dalam bentuk alaminya, bukan dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Meski begitu, terlepas dari bentuk flavonoid apa yang Anda dapatkan (entah bentuk alami dari makanan atau dari suplemen), Anda tetap perlu berhati-hati ketika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Senyawa flavonoid dapat berinteraksi dengan beberapa obat.

Permasalahan :
1. Senyawa terpenoid bernama quercetin terdapat pada buah apel,dimana khasiatnya dapat mempercepat pemulihan kenaikan asam lambung.Menurut pendapat anda bagaimana sistem kerjanya dalam mengatasi masalah tersebut? dan apakah ketika asam lambung kita naik,bisakah kita dengan langsung mengkonsumsi buah tersebut agar pemulihan kenaikan asam lambungnya bisa di atasi?
2. Seperti yang kita ketahui bahwa flavonoid dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya secara alami dan dapat juga dikonsumsi dari suplement. Menurut anda, manakah yang lebih baik khasiatnya dikonsumsi secara langsung ataukah dengan suplement?
3.Menurut pendapat anda mengapa senyawa flavonoid sangat kaya atau sangat besar terdapat pada tanaman yang mengandung vitamin C? Mengapa tidak pada tanaman yang mengandung vitamin D,vitamin A dan lain-lainnya?

4 komentar:

  1. saya akan menjawab pertanyaan no 1. menurut saya quercetin akan langsung bekerja kepada pusat saraf untuk menekan atau meringankan rasa sakit atau gejala-gejala lain seperi mual, muntah, sesak napas yang timbul ketika asam lambung naik. dan apabila asam lambung naik sebaiknya kita meminum air hangat terlebih dahulu untuk menenangkan perut kemudian baru meminum obat yang menganung quercetin. (A1C117043)

    BalasHapus
  2. no.3. kita ketahui manfaat dari flavonoid ini banyak sekali termasuk memiliki khasiat sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh dengan demikian memiliki hhasiat yang mirip atau sama seperti vitamin C. sehingga kebanyakan flavonoid banyak pada vitamin c

    BalasHapus
  3. Saya Friska Utami (A1C117021) akan menjawab pertanyaan no.2. Menurut saya,flavonoid yang lebih berkhasiat yaitu flavonoid yang dikonsumsi secara langsung.

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus