Jumat, 30 Agustus 2019

Biosintesis Metabolit Primer dan Sekunder 
        Metabolisme adalah semua reaksi kimiawi yang dilakukan oleh sel yang menghasilkan energi dan akan menggunakan energi untuk sintesis komponen-komponen sel atau untuk kegiatan-kegiatan seluler seperti pergerakan.Reaksi kimiawi pada metabolisme yang membebaskan energi melalui perombakan nutrien disebut juga dengan disimilasi/kegiatan katabolik Reaksi kimiawi yang menggunakan energi untuk sintesis dan fungsi sel lain disebut asimilasi/anabolik.Ribuan senyawa kimia terlibat dalam metabolisme organisme hidup.Senyawa-senyawa ini disebut metabolit dan mereka adalah zat antara dan produk metabolisme.Metabolit primer dan metabolit sekunder  merupakan dua kategori metabolit yang ditemukan pada organisme hidup.Keduanya adalah molekul kecil yang akan bertindak sebagai molekul pemberi sinyal,katalis,stimulator atau inhibitor untuk pada setiap aktivitas metabolik di dalam tubuh.

Ø  Metabolit primer 

Metabolit primer adalah senyawa kimia kecil yang terlibat langsung dalam pertumbuhan,perkembangan dan reproduksi organisme hidup.Metabolit primer sering disebut dengan metabolit sentral dikarenakan komponen kunci dalam pemeliharaan fungsi fisiologisnya normal dalam tubuh.Metabolisme primer biasanya terbentuk selama fase pertumbuhan karena metabolisme energi yang juga merupakan komponen utama dari pertumbuhan yang tepat.

      Ada beberapa jenis metabolit primer yaitu :

Metabolit Primer
Contoh
Alkohol
Etanol
Asam Amino
Asam glutamat, Asam aspartat
Nukleotida
5`asam guanylic
Antioksidan
Asam Isoascorbic
Asam Organik
Asam asetat,Asam laktat
Polyol
Gliserin
Vitamin
Vitamin B2
           
            Senyawa metabolit primer dikelompokkan menjadi 4 kelompok makromolekul yaitu karbohidrat,protein,lipid dan asam nukleat.

1.      Karbohidrat
Merupakan kelompok makromolekul yang tersusun atas atom C,H dan O.Kelompok ini sering disebut juga dengan gula-gula hidrokarbon.Berdasarkan jumlah monomer penyususnnya,karbohidrat terbagi menjadi 4 yaitu monosakarida (tersusun atas 1 monomer),disakarida (tersusun atas 2 monomer),Oligosakarida (tersusun atas 3-10 monomer) dan polisakarida (tersusun atas lebih dari 10 monomer.

2.      Protein
Merupakan senyawa makromolekul yang tersusun atas atom C,H,O,N dan S.Berdasarkan fungsi protein dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu protein fungsional (kelompok enzim) dan protein struktural (protein yang menyusun bagian struktural dari dalam sel seperti protein integral dan protein perifer yang menyusun bagian membran sel.

3.      Lipid
Merupakan golongan senyawa metabolit primer yang bersifat hidrofobik.Senyawa lipid dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu lemak yang tersusun dari asam lemak dan gliserol,sterol (penyusun membran sel makhluk hidup),kolesterol.

4.      Asam Nukleat
Merupakan komponen yang terdiri atas atom C,H,O dan P.Biasanya pada asam nukleat terdiri atas 3 bagian yaitu gula ribosa,basa nitrogen dan fosfat.Berdasarkan fungsinya asam nukleat terbagi menjadi 4 kelompok yaitu sebagai komponen materi genetik (contohnya DNA,RNA),sebagai energi kimia (contohnya ATP,GTP,UTP),sebagai kofaktor (contohnya NAD,FAD,Koenzim A),dan sebagai komponen regulator (contohnya cAMP,cGMP).

Ada berbagai produk metabolisme yang bersama-sama membentuk metabolit primer.Produk-produk ini adalah vitamin,nukleosida,asam amino,dll.Metabolit utamanya terbagi menjadi :

1.      Metabolit primer esensial
Merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk mempertahankan proses pertumbuhan sel,dan oleh karena itu senyawa ini diproduksi dalam jumlah yang memadai.Contoh senyawanya yaitu vitamin,nukleosida dan asam amino.

2.      Produk akhir metabolisme primer
Senyawa-senyawanya seperti etanol,aseton,asam laktat,butanol yang mana merupakan produk akhir normal dari proses fermentasi metabolisme primer.Meskipun produk-produk ini tidak penting,tetapi terkadang memiliki kepentingan industri juga.Sebagai contoh,karbondioksida adalah produk akhir metabolisme dari Saccharomyces cerevisiae,tetapi karbondioksida itu sangat penting dalam industri pembuatan roti untuk melepaskan adonan.

Peranan metabolit primer :
            Dalam produksi metabolit primer yang berlebihan sangat penting dan bermanfaat dalam tujuan skala besar dalam industri.Bahkan enzim yang ditemukan selama prosesnya memiliki banyak kegunaan dalm produksi makanan,finishing tekstil dan industri lainnya juga.


Ø  Metabolit sekunder
Metabolit sekunder adalah senyawa yang tidak terlibat langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan normal,tetapi memiliki beberapa fungsi ekologis dalam tubuh seperti mambenatu mekanisme pertahanan,sebagai antibiotik dan memproduksi pigmen.Metabolit sekunder merupakan turunan dari metabolit primer.
Senyawa metabolit sekunder diklasifikasikan menjadi 3 kelompok utama yaitu :
1     

1.      Terpenoid

    Sebagaian besar senyawa terpenoid mengandung karbon dan hidrogen serta disintesis melalui jalur metabolisme asam mevalonat. Contohnya menoterpena, seskuiterepena, diterpena, triterpene dan polimer terpenena.

2.      Fenolik
  Merupakan senyawa yang terbuat dari gula sederhana dan memiliki cincin benzena,hidrogen, dan oksigen di dalam struktur kimianya.Contohnya asam fenolat,kumarina,lignin, flafonoid, dan tanin.
3.      Senyawa yang mengandung nitrogen
     Contohnya adalah alkanoid dan glukosinolat.

            Sebagian besar tanaman penghasil senyawa metabolit sekunder memanfaatkan senyawa tersebut untuk mempertahankan diri dan berkompetensi dengan makhluk hidup lan yang berada di sekitarnya.Tanaman yang dapat menghasilkan metabolit sekunder akan membuat tanaman lain tidak dapat tumbuh disekitarnya atau disebut juga dengan alelopati.Berbagai macam senyawa metabolit sekunder telah digunakan sebagai obat atau model untuk membuat obat baru seperti aspirin yang dibuat berdasarkan asam salisilat yang secara alami terdapat pada tumbuhan tertentu.Manfaat metabolit sekunder lainnya yaitu sebagai pestisida dan insektida contohnya adalah retenon dan rotenoid.Ada beberapa senyawa metabolit sekunder yang digunakan dalam memproduksi sabun, parfum, minyak herbal, pewarna, permen karet, dan plastik alami adalah resin, antosianin, tanin, saponin, dan minyak volatil.
            Antropin dan antibiotik seperti eritromisin dan bacitracin merupakan metabolit sekunder yang penting secara kemoersial dimana diproduksi dalam skala besar.Atropin berfungsi sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor asetilkolin yang berasal dari berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati bradikardia.Eritromisin merupakan antiboitik dengan spektrum antimikroba yang luas.

Permasalahan :
1.      Apa perbedaan dari metabolit primer dan metabolit primer ?
2.      Mengapa kuantitas dan ekstraksi pada metabolit primer dan metabolit sekunder berbeda?
3.      Senyawa apa saja pada metabolit sekunder yang mengandung nitrogen?

4 komentar:

  1. Nama : yossy mahardani
    Nim : A1C117034
    Saya akan coba menjawab permasalahan no 2
    Karena pada metabolit primer diproduksi dalam jumlah besar sehingga ekstraksi metabolit primernya menjadi mudah,Sedangkan pada metabolit sekunder diproduksi dalam jumlah kecil sehingga ekstraksinya menjadi sulit.

    BalasHapus
  2. Halo, Mita. Di sini, Salsa Billa Aprianti dengan NIM A1C117052 akan menjawab permasalahan nomor 3.

    Senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada nitrogen adalah glukosinat dan alkanoid.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. saya Rd. Abdurrahman (A1C117015) akan menjawab no. 1 yaitu perbedaannya adalah pada metabolit primer senyawa-senyawa nya terlibat langsung dalam pertumbuhan,perkembangan,dan reproduksi organisme hidup.Sedangkan metabolit sekunder itu senyawa-senyawanya tidak terlibat langsung do dalam pertumbuhan dan perkembangan organisme hidup melainkan memiliki fungsi dalam membantu mekanisme pertahanan,antibiotic dan memproduksi pigmen pada organisme hidup.

    BalasHapus
  4. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus