Sabtu, 24 Agustus 2019

Etnobotani dan Keanekaragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan


Etnobotani memiliki artian sebagai interaksi antara masyarakat setempat dengan lingkungan hidupnya,secara spesifik pada tumbuh-tumbuhan serta pengkajian tentang penggunaan tumbuhan sebagai makanan,perlindungan atau rumah,pengobatan,pakaian,perburuan dan upacara adat.Suatu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara masyarakat lokal dan alam lingkungannya yang meliputi sistem pengetahuan tentang pemanfaatan tumbuhan sebagai obat maka perlu dikenalkan etnobotani tumbuhan yang berpotensi sebagai obat kepada masyarakat.
 Salah satu contoh produk obat-obatan dari bahan alam adalah :


Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.
         Minyak kelapa di dalam kehidupan sehari-hari mempunyai beberapa manfaat yaitu :

1.      Dapat digunakan untuk diet
Menurut penelitian,minyak kelapa dapat mambantu mengurangi kegemukan pada perut wanita.Bagi teman-teman yang menjalankan program diet juga sangat aman untuk menggunakan minyak kelapa untuk memasak makanan dietnya dan minyak kelapa juga mudah dicerna sehingga dapat membantu dalam metabolisme tubuh kita.
2.      Dapat mengurangi lemak jahat dengan cara meningkatkan lemak baik dalam tubuh.
3.      Bagi penderita diabetes tipe 2,konsumsi minyak kelapa dapat memperbaiki sensitivitas insulin pada tubuh.
4.      Minyak kelapa juga bermanfaat untuk jantung supaya tetap sehat.Kandungan polifenol di dalam minyak kelapa dapat mencegah terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah yang disebabkan penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.
5.      Dapat mengurangi resiko alzheimer.
Di dalam minyak kelapa terdapat zat keton yang sangat baik untu menjaga fungsi otak ketika tubuh dalam kondisi memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah.Zat keton juga dapat meningkatkan memori yang akan membantu para penderita alzheimer.

Didalam dunia kecantikan minyak kelapa juga mempunyai manfaat yaitu :

1.        Dapat menyehatkan rambut dengan cara membantu dalam pertumbuhan rambut dan memberikan rambut yang berkilau.
2.        Dapat digunakan untuk scrub yang berfungsi mengangkat sel kulit mati pada tubuh.
3.        Dapat digunakan sebagai pelembab kulit dan bibir yang kering serta pecah—pecah.
4.        Dapat mengobati jerawat dan mengurangi peradangan dimana  di dalam minyak kelapa tersebut terdapat asam laurat yang akan melawan bakteri pada jerawat tersebut.
5.        Dapat menghilangkan noda hitam yang dimana di dalam minyak kelapa terdapat vitamnin E yang akan menyamarkan bekas jerawat di wajah,penuaan dini dan noda bekas luka.
6.        Dapat menghapus make up.

Permasalahan  :
1.  Mengapa minyak kelapa sawit dapat menyehatkan rambut?
2.  Bagaimana kondisi tubuh kita ketika berlebihan dalam mengkonsumsi minyak kelapa?
3.  Bagaimana cara kerja minyak kelapa dalam mengurangi lemak jahat dalam tubuh?



4 komentar:

  1. Saya melisa oktapiani NIM (043) ingin menjawab pertanyaan no 1. Karena minyak kelapa mempunyai protein yg tinggi yg berkemampuan agar melembabkan rambut yg pecah2 dan bercabang.Minyak kelapa jga mengandung trigliserida yaitu molekul lemak yg sifatnya mirip minyak alami yg akan dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut agar terlindungi dari kerusakan.

    BalasHapus
  2. Perkenalkan nama saya Ditya Fajar Nursahfitri (A1C117061) menjawab permasalahan 2, Iya,namanya jga sesuatu yg berlebihan itu selalu tidak baik.Mengkonsumsi minyak kelapa terllu banyak justru bisa memberi efek yg kurang baik bagi kesehatan.Lemak jenuh yg d konsumsi terlalu banyak akan meningkatkan level LDL (kolesterol jahat) dan bisa menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah.

    BalasHapus
  3. Assalamuallaikum. Nama saya MISNAWATI (RSA1C117004) Ingin mencoba menjawab permasalahan ke-3 yaitu dengan cara mengurangi timbunan lemak d dalam tubuh,dimana d dalam minyak kelapa sendiri mengandung lemak sehat yg bisa memicu peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dan akan membantu menurunkan kadar kolesterol total,lemak jahat (LDL) dan trigliserida.

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus