Sabtu, 09 November 2019

Potensi Pemanfaatan Steroid Untuk Makhluk Hidup

Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh dari senyawa steroid ini. Steroid secara alami diproduksi dalam tubuh kita dan terlibat dalam berbagai proses metabolisme. Steroid dalam tubuh kita mengacu kepada sekelompok senyawa yang memiliki struktur kimia yang mirip. Beberapa steroid ini bertindak sebagai hormon. Namun, tidak semua steroid dalam tubuh kita adalah hormon, yang berarti, mereka memiliki dampak langsung pada sel target. Dalam pembahasan blog saya ini, kita akan melihat lebih dekat pada steroid yang terdapat dalam tubuh manusia, dan manfaat-manfaat yang akan mereka berikan.
1.      Steroid adrenal
Steroid adrenal adalah hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal. Organ-organ kelenjar terletak di dekat dengan ginjal.Berikut ini adalah jenis utama dari hormon kortikosteroid, yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal:
·         Hidrokortison (Kortisol): Kortisol, juga dikenal sebagai glukokortikoid, memainkan peran kunci dalam menjaga tekanan darah dan mengatur metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Hal ini juga disebut sebagai hormon stres karena dirilis dalam jumlah yang lebih tinggi ketika dihadapkan dengan stres fisik atau psikologis. Kortisol juga terlibat dalam konversi protein menjadi glukosa, yang membantu untuk meningkatkan perendaman kadar gula darah. Namun, kelebihan produksi kortisol justru dapat merusak sistem kekebalan tubuh.
·         Kortikosteron: Hormon ini penting untuk sintesis karbohidrat dan degradasi protein. Ini memberikan kontribusi dalam konversi asam amino menjadi karbohidrat, yang bertindak sebagai sumber utama tubuh bahan bakar. Hal ini juga membantu hati untuk mengeluarkan glikogen yang disimpan dalam otot dan digunakan untuk energi.
·         Aldosteron: steroid adrenal ini milik kelas mineralokortikoid, membantu dalam menjaga tekanan darah. Hormon ini membantu dalam mengendalikan kadar natrium dan kalium dalam tubuh. Ia meminta ginjal untuk menyerap kembali natrium, kalium dan menghilangkan yang diperlukan dari urin, yang membantu dalam mengatur tekanan darah. Ini efek aldosteron pada ginjal juga membantu dalam menjaga kadar elektrolit yang tepat dan distribusi cairan yang tepat dalam tubuh.
2.      Steroid Seks
Androgen (hormon seks pria) dan estrogen (hormon seks wanita) adalah dua jenis utama steroid seks. Di antara hormon seks pria, testosteron adalah chief androgen. Testosteron (terutama disekresi oleh testis) sangat penting untuk fungsi reproduksi pria seperti dorongan seks dan kesuburan. Karakteristik khas laki-laki, seperti perkembangan otot, suara berat, rambut di dada, wajah, dan ketiak, adalah karena adanya androgen. Di antara estrogen, estradiol merupakan hormon seks wanita pokok yang diproduksi oleh ovarium. Estrogen memiliki fungsi yang mirip dengan androgen, dan memberikan wanita mereka karakteristik ‘perempuan’.
3.      Steroid Anabolik

Steroid anabolik adalah hormon yang menampilkan aktivitas androgenik, dan fungsi yang sangat mirip dengan testosteron. Steroid anabolik berfungsi meningkatkan pertumbuhan otot dan membantu untuk mendapatkan otot yang lebih kuat. Mereka juga membantu dalam pengembangan dan pemeliharaan karakteristik maskulin.
·         Garam empedu: Garam empedu adalah asam steroid yang disintesis di hati. Mereka bukan hormon tetapi membantu memperlancar pencernaan. Mereka membantu usus kecil dalam menyerap lemak dari makanan.
·         Sterol: Sterol adalah subkelompok steroid dan kolesterol merupakan steroid yang paling terkenal disintesis dalam tubuh kita. Hormon steroid alami beberapa diproduksi oleh tubuh yang berasal dari kolesterol. Saat terkena sinar matahari, kolesterol di kulit sangat penting dalam sintesis vitamin D.
4.      Steroid sintetis
Steroid sintetis yang digunakan untuk tujuan medis dan jenis yang paling akrab steroidnya adalah sintetis kortikosteroid. Kortikosteroid seperti prednison, deksametason, dan prednisolon umumnya diresepkan untuk mengurangi peradangan. Kemampuan mereka untuk menekan peradangan telah membantu dalam pengobatan berbagai kondisi peradangan termasuk rheumatoid arthritis, ppok, dan asma. Di sisi lain, secara komersial steroid anabolik yang dijual seperti hgh, winstrol, thg, genabol, deca durabolin-, androstenedione, dan anabol digunakan untuk meningkatkan kinerja dan membangun otot.

Beberapa steroid yang dihasilkan oleh tumbuhan yang bermanfaat bagi makhluk hidup yaitu :
1.      Pepaya (carica papaya)

Mengandung senyawa steroid golongan sterol (compesterol) yaitu ergost-5-en-3b-ol yang digunakan sebagai obat penyakit beri-beri, malaria, kejang perut, penurun panas.
2.      Kulit batang bakau merah (rhizophora stylosa)

Senyawa steroid yang terkandung yaitu campuran antara senyawa compesterol (c28h48o) dan stigmasterol (c29h50o).Tumbuhan tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman pelindung pantai dari abrasi air laut, bahan bangunan serta kayu bakar.
3.      Buah mahkota dewa (phaleria macrocarpa)

Senyawa steroid yang terdapat dalam buah mahkota dewa adalah stigmast-5-en-3β-ol(β-sitosterol). Digunakan dalam penyembuhan penyakit asma.
4.      Kulit batang buah maja

Steroid yang terdapat dalam kulit batang buah maja adalah stigmasterol. Digunakan  untuk  mengobati  beberapa  penyakit  dan digunakan  dalam  bidang  farmasi  untuk  pembuatan  obat-obat  kontrasepsi, anabolik, dan anti-inflamasi.




Permasalahan :
1.Pada kulit batang bakau merah terdapat steroid Campestrol dan steroid stigmasterol, dimana fungsinya sama-sama dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Menurut pendapat anda apakah kedua steroid tersebut bekerja sama dalam menurunkan kadar LDL dalam darah ataukah salah satu dari steroid tersebut ada yang dominan bekerja dalam menurunkan kadar LDL dalam darah?
2. Steroid adrenal adalah hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal. Steroid adrenal ini menghasilkan 3 hormon. Menurut pendapat anda apakah yang terjadi pada ketiga hormon tersebut jika kekurangan steroid adrenal dan apakah fungsinya kerjanya terganggu? Jelaskan!
3. Salah satu peran steroid adalah sebagai anti inflamasi, dimana ia mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sehingga banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan steroid sebagai bahan bakunya. Pada beberapa kasus yang saya baca banyak timbul efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan steroid dalam kesehatan khususnya pada obat oles yang mengandung steroid. Efeknya malah memperparah, bukan malah mengobati. Nah menurut pendapat anda apakah semua jenis steroid yang digunakan pada bidang kesehatan ini tergolong steroid yang tidak baik bagi kesehatan manusia? Jelaskan!

3 komentar:

  1. Kalau menurut saya sih cuman 1 steroid yang bekerja yaitu campesterol karena ia salah satu asam lemak tak jenuk yang nantinya dapat mengusir asam lemak jenuh dibagian pembuluh darah sehingga darah itu bisa mengalir dengan lancar dan campesterol ini juga kompisisinya itu rendah bisa saja dalam 100 gram makanan didalamnya mengandung 7 campesterol.

    BalasHapus
  2. 3. Menurut saya tidak semua hormon golongan steroid tidak baik bagi tubuh. Ada beberapa hormon steroid yang justru diperlukan untuk penyembuhan beberapa penyakit. Efek samping yang timbul ini bisa disebabkan oleh konsumsi yang tidak sesuai dosis atau petunjuk dokter.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. No.2 steroid adrenal mengahsilkan 3 hormon yaitu mineralokortikoid, glukokortikoid, gonadokortikoid yang memiliki fungsinya masing-masing. ke-3 hormon ini tidak akan kekurangan steroid karena dalam sintesisnya harus ada steroid kalau tidak ada maka hormon ini tidak terbentuk.

    BalasHapus